Selamat Menikmati Belanja Secara Mudah, 0821-1589-0023

Enable Follow close

Indonesia  English


Web Statistik

Visitors     64357 Pengunjung

Page Views     Page View

Visitor Online     2  Pengunjung Online

Pembayaran

Pasar Herbals

Artikel

Kaki Penderita Diabetes

Kaki adalah anggota tubuh yang rawan bagi penderita diabetes.

Bila menderita penyakit Diabetes Mellitus (DM), beberapa komplikasi penyakit lainnya sering terjadi. Salah satunya adalah komplikasi pada kaki, yang disebut dengan kaki diabetik (diabetic foot).

Komplikasi penyakit lain bagi penderita DM ini, menurut dokter spesialis penyakit dalam endokrinologi FKUI, Prof Dr dr Sarwono Waspadji, Sp PD KEMD, semuanya disebabkan karena gula darah penderita yang tinggi. “Gula darah yang tinggi menyebabkan luka sulit sembuh,” ujarnya pada Republika> dalam acara Media Edukasi Jakarta Diabetes Meeting.

Jauh dari jantung
Kaki, merupakan anggota tubuh yang rawan bagi penderita DM. Kaki sering mendapat luka dari luar, sehingga mudah untuk kena kelainan. Penderita DM dengan kadar gula yang tinggi akan mengalami kesulitan menyembuhkan luka. Selain dari faktor luar tersebut, gangguan pada kaki penderita diabetes ini juga terjadi karena kerusakan saraf dan gangguan pembuluh darah. Saraf yang mengalami gangguan pada kaki, menyebabkan penderita tak merasakan sensasi sakit, panas, ataupun dingin.

Para penderita DM ini merasakan kaki dan tangannya kebal dan lemah. Jika kakinya terkena luka sekalipun, sering kali ia tidak sadar. “Nanti sadarnya kalau sudah besar dan parah lukanya, susah menyembuhkannya,” tutur Sarwono.

Gangguan aliran pembuluh darah, juga bisa menyebabkan gangguan kaki diabetik. Aliran darah yang tidak cukup ke kaki itu menyebabkan luka dan infeksi sukar sembuh. Hal ini diperparah jika penderita DM juga mengalami hipertensi, kelainan kolesterol, ataupun merokok.

Mengapa kaki? Bukankah anggota tubuh lain seperti tangan juga rentan pada luka dan infeksi? Penyebabnya, menurut ahli penyakit dalam FKUI/RSCM dr EM Yunir Sp PD karena letak kaki lebih jauh jaraknya dari jantung. Maka, aliran darah ke kaki lebih banyak yang mengalami gangguan dibandingkan  ke tangan.

“Selain itu, kaki juga kerjanya berat, menopang berat seluruh tubuh kita, jadi tekanan di sana lebih besar,” ujarnya. Apalagi jika penderita DM bertubuh gemuk. Beban yang ditekankan pada kaki akan lebih besar. Gangguan kaki para penderita diabetes, menurutnya juga bisa disebabkan oleh kelainan otot. Jika sudah menderita DM dalam jangka waktu yang lama, otot jari-jari kaki akan memendek. Kemudian, akan terjadi tarikan yang tidak normal pada jari kaki, baik itu ke atas ataupun ke arah bawah. “Lama-lama jarinya akan bengkok,” tutur Yunir.

Ujung-ujungnya amputasi
Bila penderita DM telah mengalami gangguan di kaki, sulit untuk disembuhkan. Apabila luka masih kecil, mungkin bisa diobati dan sembuh dengan cepat.

Namun, jika luka sudah parah, sistem pembuluh darah, otot dan lainnya sudah tidak bisa berfungsi dengan normal, dilakukanlah amputasi. Dengan demikian, diharapkan infeksi tak menyebar ke anggota tubuh yang lain. Menurut dr Sarwono Waspadji, pengelolaan luka yang terjadi pada penderita diabetes lebih rumit daripada orang tanpa DM. “Memerlukan kecermatan dan harus hati-hati,” tuturnya.

Kaki diabetik ini, juga ada dua jenis, yaitu yang disebut dengan gangren basah dan kering. Gangren  kering, disebabkan oleh pembuluh darah yang tersumbat. Ujung kakinya akan terlihat menghitam, seperti kayu. Sedangkan gangren basah, kondisi pembuluh darahnya bagus. Namun, pembuluh darah ini sudah terkena infeksi, yang menyebabkan keluarnya nanah.

Berdasarkan kasus kaki diabetik yang pernah dihadapi Sarwono, banyak pasien yang tak bisa bertahan. “Angka kematiannya tinggi,” ujarnya.  Selain itu, apabila ingin berhasil sembuh, perlu perawatan dalam waktu yang lama, serta biaya yang mahal. “Ujung-ujungnya ya amputasi itu,” ujarnya.

Jika lukanya kecil, bisa dilakukan amputasi minor, yaitu amputasi yang dilakukan pada bagian tubuh yang kecil, misalnya jari kaki. Namun, jika infeksi sudah meluas, mau tak mau harus dilakukan amputasi besar, misalnya kaki hingga lutut, yang disebut dengan amputasi mayor.
Waktu penyembuhan setelah amputasi ini, juga lumayan lama. Banyak dari pasien yang mengalami gangguan lagi.Jadi, apabila seseorang sudah diamputasi, bisa jadi nanti di lain waktu ia diamputasi lagi. “Bahkan kemungkinannya lebih besar,” tutur Sarwono. c05

Mencegah Derita di Kaki

Pencegahan adalah hal utama yang harus dilakukan agar para penderita diabetes mellitus (DM) tak mengalami gangguan kaki diabetik. Selain itu, deteksi dini juga diperlukan, agar tidak terlambat penanganan infeksi dan lukanya.

Pencegahan ini dilakukan agar penderita DM terhindar dari tata laksana amputasi. Langkah ini, menurut dr Sarwono Waspadji, lebih hemat daripada perawatan setelah terkena gangguan kaki diabetik.

Identifikasi risiko gangguan kaki diabetik juga perlu dilakukan. Deteksi dini  terhadap berbagai faktor risiko dan melakukan usaha pencegahan dapat menurunkan risiko amputasi antara 40 hingga 85 persen.

“Kakinya diperhatikan, jangan sampai ada luka sekecil apa pun,” ujar Sarwono. Luka kecil dan mungkin karena masalah sepele seperti tertusuk jarum, kerikil, atau mengenakan sepatu yang kesempitan, bisa berujung pada amputasi.

Untuk cara pencegahannya, Staf Divisi Metabolik Endokrin Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI dr EM Yunir, membaginya menjadi pencegahan primer dan sekunder. Pada tahap primer, menurut Yunir, pasien harus banyak mencari tahu informasi. Mereka harus tahu apa saja yang harus dilakukan dan apa saja yang tidak boleh dilakukan.

Pemeriksaan seksama
Pemeriksaan kaki rutin dan identifikasi faktor risiko perlu dilakukan. Selain itu, perlu pengobatan sebelum luka.Sebaiknya penderita diabetes memakai sepatu khusus penderita kaki diabetik. Para penderita DM harus rajin dan rutin memeriksa kakinya untuk melihat ada-tidaknya perubahan atau gangguan. “Kalau ada luka, jangan tunggu lagi, segera ke dokter,” ujarnya. Selain itu, jangan berikan beban yang berlebihan pada kaki.

Pemeriksaan rutin bisa dilakukan sendiri ataupun dengan bantuan tenaga medis. Pemeriksaan dilakukan dengan melihat secara teliti, ada luka, mata ikan, ataupun kelainan yang lain.Selain itu, kulit kering dan bersisik juga perlu diperhatikan, karena hal ini bisa menyebabkan kulit mudah terkena luka. Periksa juga sela-sela jari kaki. Adakah luka ataupun gangguan disana. Setelah itu, periksa juga kukunya. Perhatikan juga cara memotong kuku, jangan sampai menyebabkan luka.

Jika ke klinik, dokter akan memeriksa saraf  menggunakan garpu tala dan alat sensor saraf lainnya. Selain itu, juga akan diperiksa kelancaran aliran darah dan pembuluh darah di kaki, dengan menggunakan alat-alat medis. Terakhir, dokter akan memeriksa pembuluh darah di lengan.

Kelainan yang perlu diperhatikan adalah kelainan pada kulit dan pertumbuhan rambut, serta permukaan telapak kaki. Perhatikan juga pada kuku, warna, dan jaringan nekrosis. Perhatikan juga ada-tidaknya pembengkakan, deformitas, dan mobilisasi gerak sendi.

Jika tahap primer dilakukan dan ditemukan luka, perlu dilakukan tata laksana yang ada dalam tahap sekunder.  Dalam tahap ini, yang bisa melakukan adalah dokter atau yang ahli dalam penyembuhan luka.

Dalam penyembuhan luka tersebut, jangan sampai ada peradangan, granulasi, atau penutupan yang tidak normal. “Infeksi harus dikerjakan dengan cermat,” ujar Yunir. Jaringan-jaringan tubuh yang sudah mati, harus segera dibersihkan agar tak menyebar pada anggota tubuh yang lain.
c05 ed: nina ch

Cegah Yuk Cegah
Untuk para penderita diabetes, agar terhindar dari gangguan kaki diabetik ini,  ahli penyakit dalam dari FKUI, dr EM Yunir, memberikan cara-cara  yang sebaiknya dilakukan dan tidak boleh dilakukan.

Lakukan
-          Pemeriksaan kaki setiap saat
-          Selalu memakai alas kaki
-          Periksa sepatu sebelum dipakai
-          Gunakan alas kaki yang pas
-          Belilah sepatu pada sore hari
-          Gunakan selalu kaus kaki katun
-          Cuci kaki dengan sabun yang lembut, kemudian dikeringkan
-          Gunting kuku secara mendatar dan hati-hati
-          Kontrol kaki secara teratur ke petugas kesehatan
-          Gunakan lotion pelembab kulit secara teratur agar kulit tidak kering.

Jangan lakukan
- Berjalan tanpa alas kaki
-  Memakai sepatu yang sempit
-  Memakai kaus kaki yang sempit dengan lipatan pada ujung kaki
-  Membiarkan kulit menjadi kering dan bersisik
-  Penggunaan bahan kimia atau benda tajam untuk menghilangkan mata ikan. N
-  Merokok
-  Penggunaan cincin pada jari kaki
-  Mengunakan sepatu dengan tumit tinggi atau ujung sepatu yang runcing ke depan.

 

sumber : http://diajoss.com/kaki-penderita-diabetes/

Peranan Insulin Dalam Mengontrol Kadar Gula Darah

Karena diabetes merupakan penyakit yang mempengaruhi kemampuan tubuh untuk menggunakan glukosa, mari kita mulai dengan melihat apa glukosa dan bagaimana tubuh Anda mengontrol itu.
Glukosa adalah gula sederhana yang menyediakan energi untuk semua sel dalam tubuh Anda. Sel-sel mengambil glukosa dari darah dan merubahnya menjadi energi (beberapa sel seperti sel-sel otak dan sel darah merah , hanya mengandalkan glukosa untuk bahan bakar). Glukosa dalam darah berasal dari makanan yang Anda makan.

Ketika Anda makan makanan, glukosa akan diserap dari usus dan didistribusikan oleh aliran darah ke semua sel dalam tubuh Anda. Tubuh anda mencoba untuk menjaga pasokan konstan glukosa untuk sel-sel Anda dengan mempertahankan konsentrasi glukosa konstan dalam darah Anda,jika tidak, sel-sel Anda kelebihan glukosa setelah makan dan kekurangan glukosa di antara waktu makan dan tidur.

Jadi, bila Anda memiliki kelebihan pasokan glukosa, tubuh Anda menyimpan kelebihannya di hati dan otot dengan membuat glikogen, glukosa rantai panjang. Ketika pasokan glukosa sedikit, tubuh memobilisasi glukosa dari glikogen yang disimpan dan / atau merangsang Anda untuk makan makanan. Kuncinya adalah untuk mempertahankan tingkat glukosa darah konstan.

Untuk mempertahankan tingkat glukosa darah konstan, tubuh Anda bergantung pada dua hormon yang diproduksi di pankreas yang memiliki tindakan yang berlawanan: insulin dan glukagon.

Insulin dibuat dan disekresikan oleh sel-sel beta dari pulau pankreas, pulau-pulau kecil sel endokrin di pankreas.  Insulin adalah hormon protein yang berisi 51 asam amino . Insulin dibutuhkan oleh hampir semua tubuh sel , namun target utama adalah sel-sel hati, sel-sel lemak dan sel otot .

Untuk sel-sel, insulin melakukan tugas  berikut ini:

  • Merangsang sel-sel hati dan otot untuk menyimpan glukosa dalam glikogen
  • Merangsang sel-sel lemak untuk membentuk lemak dari asam lemak dan gliserol
  • Merangsang sel-sel hati dan otot untuk membuat protein dari asam amino
  • Menghambat hati dan sel ginjal  dari membuat glukosa dari senyawa antara jalur metabolik (glukoneogenesis)

 

 

PT UNIQUE HERBAMED INDONESIA

Why Herbamed
Rakyat Indonesia tidak sadar bahwa tanah airnya menyimpan kekayaan alam yang luar biasa. Bukan hanya dalam bentuk hasil pertambangan , kehutanan dan pertanian yang melimpah ruah, tetapi bumi Indonesia menyimpan kekayaan lain, yakni banyaknya tanaman berkhasiat obat yang mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit. Sayangnya , kekayaan alam yang satu ini tidak banyak dimanfaatkan. Sebagian besar rakyat Indonesia lebih percaya kepada Pengobatan Modern yang berbasis obat-obatan kimia. Penggunaan herbal hanya pada kalangan tertentu yang mengenalnya secara tradisional sebagai "Jamu" Padahal tanaman obat atau herbal melalui proses yang benar tidak mengandung bahan kimia yang berbahaya bagi kesehatan.


Hal ini yang melatarbelakangi HERBAMED untuk menciptakan formulasi herbal yang spesial yakni herbal medicine yang Unique, Khusus dengan khasiat setara bahkan lebih baik dari produk obat kimia medis

Dengan kualitas produk yang bagus ditambah kepercayaan yang kuat dari konsumen, membuat produk HERBAMED mendapatkan posisi tersendiri dalam pasar obat herbal di Indonesia. Keseriusan kita dalam produksi obat herbal antara lain dengan menggunakan bahan baku terbaik dari dalam dan luar negeri. Salah satu evaluasi produk yang kami lakukan adalah dengan membentuk HERBAMED CENTRE untuk mengukur efektivitas obat herbal produk perusahaan

Pasar HeRBAMED berkembang pesat karena masyarakat sebagai konsumen membuktikan secara langsung khasiat obat herbal yang mereka minum, sehingga pada akhirnya penilaian dan kepercayaan dari masyarakat tersebut yang menjadikan produk HERBAMED memiliki kelas tersendiri yang tidak bisa disamakan dengan produk obat herbal lainnya, baik dari sisi Harga, kualitas bahan baku dan khasiatnya


Herbamed hadir untuk memberikan pilihan solusi kepada masyarakat obat herbal dengan kualitas yang terbaik

PT UNIQUE HERBAMED INDONESIA menjadi sebuah perusahaan OBAT HERBAL terpercaya dan berskala Internasional, yang bertujuan membantu serta mendukung program pemerintah Indonesia dalam meningkatkan Pelayanan Mutu kesehatan masyarakat Indonesia dan Dunia

Misi PT UNIQUE HERBAMED INDONESIA adalah menjadi pemimpin obat herbal dalam penyedia produk herbal terbaik di pasar Nasional dan Internasional

PT. UNIQUE HERBAMED INDONESIA, adalah suatu perusahaan dengan konsep yang unik, yaitu produk herbal berkualitas tinggi dengan harga terjangkau, dengan menggunakan bahan baku ekstrak yang terstandart dan bersetifikasi baik dari dalam dan luar negeri. Produk PT.UNIQUE HERBAMED INDONESIA, diproduksi dengan standart CPOB (Cara Pembuatan Obat Yang Baik)

Manfaat Bayam

Wow, bayam dan sayuran hijau lainnya ternyata tidak hanya baik untuk membantu melancarkan pencernaan tetapi juga untuk mencegah diabetes1!

Penelitian yang dilakukan pada lebih dari 200 ribu orang yang berusia antara 30-74 tahun menunjukkan bahwa mereka yang banyak mengonsumsi sayuran (paling tidak 1½ porsi sayuran hijau setiap hari) memiliki risiko diabetes hingga 14% lebih rendah dibandingkan dengan orang-orang yang jarang mengonsumsi sayuran (kurang dari ½ porsi sayuran hijau per hari)1. Hal ini diduga berkaitan dengan kandungan zat aktif dalam sayuran yang dapat membantu pola hidup sehat sehingga menurunkan risiko diabetes.

Kandungan Zat Aktif Dalam Sayuran
Peran sayuran dalam mencegah diabetes tak lepas dari kandungan antioksidan di dalamnya.
1. Antioksidan
Sayuran hijau seperti bayam tinggi akan ?-carotene serta vitamin C yang bertindak sebagai antioksidan1. Antioksidan dapat menurunkan aktivitas pembentukan radikal bebas yang bisa merusak kerja sel tubuh. Jika radikal bebas tersebut “merusak” sel pankreas atau reseptor insulin, maka resiko diabetes meningkat.

2. Polyphenol
Sayuran hijau kaya akan polyphenol yang juga bertindak sebagai antioksidan1. Polyphenol adalah salah satu jenis antioksidan yang biasanya terdapat di tumbuhan, seperti sayur, buah, bunga, biji

3. Magnesium
Sayuran hijau tinggi akan magnesium. Magnesium membantu menurunkan risiko diabetes dengan perannya dalam perbaikan sensitivitas insulin1.

4. Asam lemak tak jenuh ?-linolenic acid
Sayuran hijau merupakan sumber ?-linolenic acid (asam lemak tak jenuh) yang baik. Profil asam lemak dalam makanan diduga dapat mempengaruhi sensitivitas insulin, dimana asam lemak tak jenuh diketahui memiliki manfaat positif bagi tubuh1.

Jenis Sayuran
Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi sayuran hijau bermanfaat dalam menurunkan prevalensi diabetes tipe 2. Beberapa contoh sayuran berdaun hijau antara lain:
a. Kelas Brassica seperti kol, kubis, kembang kol, pak choy, caisim, dan sawi hijau.
b. Kelas Compositae seperti selada.
c. Kelas Amaranth seperti bayam.
d. Kelas Umbelliferae seperti seledri.

Ada banyak jenis sayuran hijau kan? So, tinggal pilih yang Anda suka dan cukupi porsi sayuran harian untuk membantu mengurangi resiko diabetes Anda.

References:

  1. Carter, P., et. al. 2010. Fruit and vegetable intake and incidence of type 2 diabetes mellitus: systematic review and meta-analysis. BMJ – Online First Edition.
  2. Furukawa, S., et. al. 2004. Increased oxidative stress in obesity and its impact on metabolic syndrome. J Clin. Invest .114: 1752-1761.

Bagaimana diabetes menyebabkan ED?

Bagaimana diabetes menyebabkan ED?

Tingkat glukosa darah tinggi yang sama yang menyebabkan pembuluh darah dan kerusakan saraf di bagian lain dari tubuh juga dapat menyebabkan komplikasi dalam aliran darah dan kerusakan saraf ke penis.

Penyakit jantung dan diabetes sering dihubungkan bersama karena kerusakan arteri koroner merupakan komplikasi dari diabetes juga. Penyakit arteri koroner dapat mempengaruhi fungsi seksual sendiri, tetapi disfungsi ereksi adalah sembilan kali lebih mungkin pada pria yang menderita kedua penyakit arteri koroner (CAD) dan diabetes, dibandingkan pria yang menderita diabetes tanpa penambahan CAD. Disfungsi ereksi adalah begitu umum di kedua penyakit arteri koroner dan diabetes, yang dapat dianggap sebagai faktor risiko untuk keduanya. Jika seorang pria yang menderita DE, dokternya harus menyarankan skrining untuk CAD dan diabetes.

Faktor-faktor yang dapat menyebabkan ED:

Semakin lama seorang pria telah menderita diabetes, semakin besar kemungkinan ia akan menderita DE. Juga jika kadar glukosa darah belum terkontrol dengan baik di seluruh kapal, penyakit darah dan kerusakan saraf akan lebih besar. Komplikasi penyakit jantung yang menyertainya seperti tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi juga bisa mempengaruhi DE. Seorang pria dengan diabetes yang juga merokok meningkatkan risiko nya terkena ED.

Risiko Stroke Pada Wanita Menurun Jika Banyak Anak

Risiko Stroke Pada Wanita Menurun Jika Banyak Anak

Hasil penelitian yang dilakukan tim dari University of California, pada 1.300 wanita di California. Yaitu wanita yang memiliki empat anak atau lebih, risiko meninggal karena stroke, berkurang hingga 50 persen.

Hal ini, menurut peneliti, kemungkinan karena tingginya sirkulasi  hormon saat hamil. Dampaknya sangat positif bagi pembuluh darah. Lalu, keluarga yang memiliki banyak anak, cenderung saling mendukung dan cukup dekat satu sama lain, yang sangat baik untuk kesehatan jantung.

"Wanita dalam penelitian, memiliki risiko kematian karena CVD (cardiovascular disease) yang lebih rendah jika mereka hamil empat kali atau lebih," kata Marni Jacoobs salah satu peneliti, dikutip dari Telegraph.co.uk.

Mekanisme sebab akibatnya secara detil, menurut Jacoobs, belum diketahui dengan jelas. Namun, kemungkinan karena kesuburan mmencerminkan seorang wanita memiliki tubuh yang sehat. Serta, efek positif paparan sirkulasi hormon estrogen dan hormon lainnya selama kehamilan.

"Perubahan fisiologis seorang wanita karena kehamilan bisa menimbulkan efek abadi pada kesehatannya. Namun, terkait bisa menurunkan risiko penyakit kardiovaskular secara signifikan, dibutuhkan penelitian lebih lanjut," kata Profesor Donald Peebles, juru bicara Royal College of Obstetricians and Gynaecologists.

Ginseng Korea

Ginseng Korea, atau Panax Ginseng, adalah akar, coklat keriput seukuran jari kelingking, yang menyerupai bentuk tubuh manusia. Hal ini kadang-kadang disebut sebagai "manroot" atau "akar manusia." Korea Ginseng tumbuh terutama di Korea Selatan, Cina, dan Jepang. Telah digunakan selama lebih dari 5.000 tahun dan dianggap bentuk terkuat dari ginseng. Korea Ginseng digunakan di Cina sebagai tonik pencegahan untuk merangsang seluruh tubuh untuk mengatasi stres, kelelahan dan kelemahan. Ini membantu tubuh untuk beradaptasi dengan stres dan untuk menumbuhkan dan membangun kembali pusat-pusat seksual.

Manfaat Gingseng Korea

Korea Ginseng mengandung ginsenosides berbeda tiga belas. Panaxans membantu menurunkan gula darah, polisakarida bekerja untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan sifat antioksidan kebal-stimulating untuk melindungi tubuh dari penyakit, penyakit dan stres. Korea Ginseng membantu untuk merangsang produksi sel kekebalan yang disebut "pembunuh T-sel" yang menghancurkan virus dan bakteri. Ini menyeimbangkan pelepasan hormon stres dengan mendukung organ-organ yang memproduksi mereka (hipotalamus, hipofisis, dan kelenjar adrenal). Korea Ginseng membantu memproduksi endorfin untuk membuat orang merasa baik. Manfaat seksual yang bekerja untuk memperbaiki fungsi ereksi dan meningkatkan testosteron dan jumlah sperma.



Penggunaan Ginseng Korea Secara Tradisional

     Untuk sifat antioksidan

     Untuk sistem kekebalan tubuh

     Untuk sirkulasi dan sistem kardiovaskular

     Untuk tekanan gula darah, kolesterol, dan darah

     Untuk depresi dan kesejahteraan

     untuk menopause

     Untuk sistem reproduksi pria dan wanita

     Untuk disfungsi ereksi dan gairah seksual

     Untuk penglihatan dan pendengaran

     Untuk energi fisik dan mental dan kinerja


Penelitian tentang Pedoman Penggunaan Sejarah Ginseng Korea

Orang yang sedang hamil atau minum obat MAO inhibitor sebaiknya tidak menggunakan ramuan ini. Korea Ginseng sangat merangsang sehingga harus diambil pagi hari. Dosis tinggi bisa membuat gelisah. Periksa dengan dokter Anda sebelum mengambil jika Anda memiliki tekanan darah tinggi. Dalam kasus yang jarang, wanita menopause bisa mengalami perdarahan vagina karena efeknya sedikit estrogenik.


Korea Ginseng Fakta untuk tujuan informasi saja

Pembaca tidak boleh menggunakan informasi ini untuk self-diagnosis atau diri pengobatan, tetapi harus selalu berkonsultasi dengan profesional medis tentang masalah medis dan sebelum melakukan perubahan pola makan utama. Informasi ini tidak dimaksudkan untuk menggantikan nasihat medis.

 

Diterjemahkan apa adanya dengan google terjemahan dari : http://www.nutriherb.net/korean-ginseng.html

Racun Kecubung

Kecubung merupakan tanaman berbunga layaknya terompet. Sedikitnya ada sembilan jenis tanaman yang biasa disebut Kecubung diantaranya adalah Kecubung Kasihan (Datura metel), Kecubung Kecil (Datura stramonium), dan Kecubung Hutan (Brugmansia suaveolens). Namun yang paling umum dikenal sebagai Kecubung di Indonesia adalah Datura metel.

Kecubung di beberapa daerah di Indonesia dikenal sebagai Kecubung, Kacubung, Cubung (Jawa dan Sunda), Kacobhung, Cobhung (Madura), Bembe (Bima), Bulutube (Gorontalo), Taruapalo (Seram), Tampong-tampong (Bugis), Kucubu (Halmahera, Ternate), Padura (Tidore), Karontungan, Tahuntungan (Minahasa), Babotek (Timor). Di Sumatera juga dikenal sebagai Toru Mabo, Kucubu, atau Kecubueng. Sedangkan nama tumbuhan ini dalam bahasa Inggris adalah Angel’s Trumpet, Devil’s Trumpet, atau Metel. Dan dalam bahasa latin (ilmiah) disebut Datura metel.

Bunga Kecubung

Bunga Kecubung

Diskripsi dan Ciri Kecubung. Kecubung (Daura Metel) merupakan tumbuhan perdu yang berbatang kayu dan tebal. Tumbuhan ini memiliki banyak cabang yang mengembang ke kanan dan ke kiri. Tinggi tumbuhan Kecubung umumnya kurang dari 2 meter.

Daun Kecubung (Angel’s Trumpet) berwarna hijau, berbentuk bulat telur dan pada bagian tepiannya berlekuk-lekuk tajam dan letaknya berhadap-hadapan. Bagian ujung daun meruncing dengan pertulangan menyirip.

Bunga Kecubung menyerupai terompet dengan warna putih atau lembayung. Namun pada Kecubung hias bisa mempunyai warna bunga yang beraneka ragam. Mahkota bunga berwarna ungu. Panjang bunga sekitar 12-18 cm. Bunga Kecubung biasanya mulai mekar pada sore hari menjelang malam.

Buah Kecubung bulat dengan salah satu ujungnya bertangkai pendek dan melekat kuat berukuran diameter 4-5 cm. Pada bagian luar buah kecubung, dihiasi duri-duri sedangkan bagian dalamnya berisi biji-biji kecil berwarna kuning kecoklatan. Buah Kecubung berwarna hijau. Biji Kecubung berwarna kuning kecoklatan dan berbentuk gepeng.

Kecubung biasa hidup di daerah dataran rendah sampai ketinggian tanah 800 meter di atas permukaan laut. Selain tumbuh liar di hutan dan ladang, kecubung juga sering ditanam di kebun atau ditanam sebagai tumbuhan hias di pekarangan. Perbanyakan tanaman ini melalui biji ataupun stek.

Buah Kecubung

Buah Kecubung

Manfaat dan Racun Kecubung. Kecubung, terutama jenis Datura metel, mengandung beberapa senyawa kimia, diantaranya : hiosin, co-oksalat, zat lemak, atropin (hyosiamin) dan skopolamin. Kandungan ini membuat Kecubung dapat dimanfaatkan sebagai obat tradisional untuk berbagai penyakit seperti asma, reumatik, sakit pinggang, pegel linu, bisul maupun eksim, sakit gigi, ketombe, hingga nyeri haid. Bagian yang paling sering dipakai sebagai obat herbal adalah daun kecubung.

Namun kecubung juga mengandung racun berupa zat alkaloid yang mempunyai efek halusinogen terutama pada bagian bijinya. Dalam beberapa kasus ditemukan penggunaan racun biji Kecubung untuk melakukan bunuh diri.

Pantas saja jika Kecubung yang mempunyai bunga layaknya terompet ini dalam bahasa Inggris disebut sebagai Angel’s Trumpet sekaligus Devil’s Trumpet. Karena khasiat yang dipunyainya bisa menjadikan Kecubung layaknya ‘Malaikat Penolong’ namun jika disalahgunakan, racun yang dipunyainya bisa pula menjadi ‘Iblis Pembunuh’.

Klasifkasi ilmiah: Kerajaan: Plantae; Filum: Magnoliophyta; Kelas: Magnoliopsida; Ordo: Solanales; Famili: Solanaceae; Genus: Datura; Spesies: Datura metel


Referensi dan gambar:

http://alamendah.wordpress.com/2011/03/19/kecubung-punya-khasiat-obat-bisa-jadi-racun/

  • en.wikipedia.org/wiki/Datura
  • commons.wikimedia.org/wiki/Category:Datura_metel (gambar)
Hiu Pros  Sari Kutuk  Cakar Ayam  Pegagan  Hiu Asi  Kapsul Daun Ungu  Hiu Arum  Herba Tempuyung  Purwoceng  Spirulina  Keladitikus  Pasak Bumi  Gamat  Daun Salam  Daun Sirsak  Kulit Manggis  Rumput Mutiara  Cabe Jawa  Kumis Kucing  Mengkudu  Sambung Nyowo  Hiu Si Langsing  Herba Histaminic  Hiu Hepafit  Herbislim  Prosamura  Neuro Herba  Sarmut Semut ( Sarang Semut )  Diacarehiu  Koleshiu  Hiuneotensi  Hiucardiocare  Hiubantugin  Kapsul Spirulina  Syifa Kids Penawar Angin  Syifa Kids Propolis  Madu Honeymart Nektar Bunga Rambutan 900 gram  Madu Honeymart Nektar Bunga Rambutan 300 Gr  Madu Honeymart Nektar Bunga Kelengkeng 900 gram   Madu Honeymart Nektar Bunga Kelengkeng 450 gram  Madu Honeymart Nektar Bunga Klengkeng 300 gram  Madu Honeymart Nektar Bunga Mangga ( Netto 900 gram )  Madu Honeymart Nektar Multiflora ( Netto 900 gram )  Madu Honeymart Nektar Multiflora 450 gram  Madu Honeymart Nektar Multiflora 300 gram  Madu Honeymart Nektar Bunga Randu ( Netto 900 gram )  Honeymart Nektar Bunga Randu 450 gram  Honeymart Nektar Bunga Randu 300 gram  Madu Honeymart ( Nektar Bunga Kopi 450 gram)  Madu Honeymart ( Nektar Bunga Mangga 450 gram)  Madu Honeymart ( Nektar Bunga Kopi Netto 900 gram )  Madu Honeymart ( Nektar Bunga Rambutan 450 gram)  Kapsul Minyak Zaitun 100 Kapsul  Diabetes  Kutuk  Kolesterol  Gamat  Daun Sirsak Ekstrak  Cardiofit  Madu Murni 800gr  Madu Murni 400gr  Syifa Kids Diare  Syifa Kids Sembelit  Syifa Kids Alergi & Gatal  Syifa kids Mata Sehat  Madu Herbal Anak Syifa Kids  FITOGURA  SAMURATIK  
Copyright © 2017 . Sujarwo Herbals All rights reserved | Powered by Sketsa Website