Sekarang ini, yaman memperluas area untuk menanam pohon zaitun sebagai realisasi program “the fifth strategic crop” bersama dengan kopi, madu, kelapa dan buah mangga.

” Pihak kementerian telah mengawali penanaman pohon zaitun sejak akhir tahun 1970 dan awal dari 1980,” Sebagaimana dikatakan oleh Manajer Departemen Hortikultura Kementerian Pertanian dan Irigasi,Hamid Al Bishari

Dia menambahkan bahwa rencana kementerian untuk menggantikan pohon Qat dengan pohon zaitun dikarenakan petani membutuhkan air yang banyak untuk mengairi pohon qat. Berbeda dengan pohon zaitun, al Bishari mengatakan” Pohon zaitun memberikan kamu apapun tanpa kamu repot melakukan apapun”, (maksudnya begitu mudahnya menanam pohon zaitun (edt))
Dia menjelaskan bahwa pohon zaitun dapat bertahan di musim kemarau dan hanya membutuhkan tiga kali irigasi dalam setahun, sehingga pengairan selain tiga kali tadi bisa mengandalkan dengan air hujan saja.

Lahan Yang  Cocok Untuk Pohon Zaitun

Sesuai dengan apa yang dikatakan oleh pak menteri alias al Bishari tadi, tanah yaman cocok untuk tumbuh pohon zaitun karena perubahan iklim yaman yang bagus,pohon zaitun membutuhkan perubahan suhu kurang dari 10 derajat saja, kata pak menteri.

Pakar pertanian juga menyatakan bahwa yaman cocok untuk tumbuh pohon zaitun karena iklim yaman hampir sama dengan iklim negara-negara sekitarnya di Mediterania, dimana pohon ini tersebar luas di daerah situ. “Yaman adalah satu tempat yang baik untuk tumbuh pohon zaitun dan aku lihat negara yaman telah memulainya lima tahun yang lalu ,” kata Gibril Mousa, Ahli Pertanian Sudan yang bekerja pada seorang investor di Yaman.

Yaman Menanam 800,000 Pohon Zaitun

Kata Pak menteri Al Bishari, Yaman telah menanam lebih 800,000 pohon zaitun mengimport dari Syria. Dia mengatakan bahwa pohon ini telah ditanam di utara dan pusat kota Son’a

Zaitun Mendukung Perekonomian Negara

Ahli ekonomi mengatakan buah zaitun itu dapat mendukung perekonomian Yaman.Ketika pohon tersebar keseluruh penjuru Yaman, Yaman mendapat masukan devisa dari impor buah zaitun dan minyak zaitun.

Kata Al Bishari, pohon zaitun dapat menghasilkan 60 kilogram buah, saat panen baik.Setiap kilogram buah zaitun harganya mencapai 900 real yaman dan satu kilogram minyak zaitun seharga 1500 real yaman.

Beda dengan pohon qat yang membutuhkan banyak air, pohon zaitun cukup mengandalkan air hujan saja.

Program Pengembangbiakan Pohon Zaitun

Pihak kementerian telah memperluas program untuk pengembangbiakan pohon zaitun. Program dibiayai oleh badan “Fund of Promoting Agricultural and Fish Production ” (Dana Untuk Meningkatkan Penghasilan Pertanian dan Ikan). Mereka mengembangbiakan bibit pohon zaitun di rumah kaca

Pagar Hijau Sekitar Son’a

Masih bersama pak menteri, beliau mngatakan ada rencana untuk membuat pagar hijau dari pohon zaitun di sekitar kota Son’a

Memeras Buah Zaitun

Manajer Departemen Hortikultura pada Kementerian Pertanian dan Irigasi Hamid Al Bishari mengatakan kementerian telah membuat perjanjian dagang (tender) untuk membeli sejumlah tenaga pemeras untuk mengekstrak minyak zaitun. Pemeras ini akan membantu para petani mendapatkan keuntungan yang lebih banyak.

Beruntung Dari Buah Zaitun

Buah zaitun mengandung banyak vitamin dan komponen yang penting untuk membangun tubuh manusia. 100 gram buah zaitun dapat menghasilkan hampir 244 kalori. Buah juga mempunyai nilai tinggi nutrisi karena ini mengandung persentase tinggi dengan minyak sehat. Lagipula, buah juga mendukung selera.

Daun pohon zaitun dapat dipergunakan untuk pengobatan dari beberapa penyakit mulut dan bengkak pada jakun. Inti dari buah dapat dipergunakan untuk pengobatan dari penyakit asma dan batuk.

Minyak yang mengekstrak dari pohon zaitun dapat dipergunakan pengobatan dari kegelisahan dan untuk pengobatan tekanan darah rendah. Minyak juga dipergunakan untuk menyembuhkan sakit dada dan abdomen, terutama untuk anak-anak.

Asal Dari pohon Ini

Mereka yakin bahwa pohon zaitun berasal dari Mediterania yaitu seperti di Jordan, Palestine, Syria atau Libanon sejak 2000 tahun yang lalu. Kemudian menyebar ke Spanyol, Afrika selatan, Australia, Jepang dan Cina.Sekitar lebih dari 750 juta pohon zaitun telah ditanami di seluruh dunia.
Pohon zaitun yang pertama di Yaman telah di kenal sejak ribuan tahun yang lalu. Dikenal sebagai (Otom) nama dari pohon zaitun pertama yang tumbuh liar.

lihat: http://www.sabanews.net/en/news195029.htm