Selamat Menikmati Belanja Secara Mudah, 0821-1589-0023

Enable Follow close

Indonesia  English


Web Statistik

Visitors     64515 Pengunjung

Page Views     Page View

Visitor Online     1  Pengunjung Online

Pembayaran

Pasar Herbals

Baru Ada 6 Jenis Jamu yang Sudah Lulus Uji Klinis

Keragaman hayati di Indonesia menempati urutan kedua setelah Brazil. Sayangnya, dari ribuan tanaman obat, baru ada 6 jenis jamu yang sudah lulus uji klinis atau disebut fitofarmaka.

Indonesia sangat kaya dengan keanekaragaman hayati. Ada 30.000 jenis tanaman dan 9.600 diantaranya telah terbukti memiliki khasiat. Tapi hingga saat ini, baru ada 6 jenis fitofarmaka (lulus uji klinis pada manusia), 31 obat herbal terstandar (baru lulus uji praklinis pada hewan coba) dan 1.400 jamu (berdasarkan pengalaman.

"Saat ini kita sudah memiliki 6 fitofarmaka, 31 OHT (obat herbal terstandar) dan 1.400 jenis jamu," jelas Wakil Menteri Kesehatan, Prof. dr. Ali Gufron Mukti MSc PhD, saat memberi sambutan dalam seminar jamu 'Indonesia Cinta Sehat, Saatnya Jamu Berkontribusi' di Gedung Kemenkes, Jakarta, Rabu (16/11/2011).

Menurut Prof Ali, ada beberapa kendala yang menyebabkan banyaknya obat-obat tradisional yang belum teruji, antara lain dana dan para ahli yang terlibat.

"Begitu banyak jenisnya, potensi besar tapi untuk melakukan penelitian masih terbatas. Ini karena dana juga terbatas, ahli-ahli, ketertarikan dan penggerakkan juga belum sesemangat sekarang. Untuk ini kita sekarang membentuk direktorat baru (di Kementerian Kesehatan) untuk khusus menangani ini. Saya optimis jamu akan jauh lebih maju dari sebelumnya," tegas Prof Ali.

Selama ini, pada pendekatan kedokteran di Indonesia yang diterima sebagai pengobatan formal adalah pengobatan barat, bukan pengobatan tradisional seperti jamu.

Oleh karena itu, dibutuhkan bukti ilmiah (evidence base) sehingga jamu dapat benar-benar terbukti memberikan keamanan, keefektifan, meningkatkan daya tahan tubuh dan bahkan memberikan daya efektivitas kuratif (menyembuhkan).

Menurut Prof Ali, kesempatan untuk jamu sangat luar biasa hingga benar-benar dapat memberikan kemanfaatan. Oleh karena itu diharapkan dengan adanya saintifikasi, jamu dapat dikaji secara ilmiah dan dimanfaatkan sebagai pengobatan yang benar-benar teruji.

"Kita (pemerintah) ingin melakukan sebuah evidence base, artinya secara ilmiah dikaji, diteliti seberapa jauh obat-obat tradisional termasuk jamu memberikan suatu kemanfaatan. Kita melibatkan berbagai pihak untuk bisa melakukan saintifikasi jamu," tutup Prof Ali.

Obat-obatan dari bahan alam itu dibagi menjadi tiga kategori, yaitu:

1. Jamu
Adalah obat asli Indonesia yang ramuan, cara pembuatan, cara penggunaan, pembuktian khasiat dan keamanannya berdasarkan pengetahuan tradisional, pengalaman atau data empiris.

2. Obat Herbal Terstandar (OHT)
Adalah sediaan obat bahan alam yang telah dibuktikan keamanan dan khasiatnya secara ilmiah melalui uji praklinis (pengujian terhadap hewan percobaan) tapi belum uji klinis atau pada manusia meski bahan bakunya telah distandarisasi.

3. Fitofarmaka
Adalah sediaan obat bahan alam yang telah dibuktikan secara ilmiah melalui uji praklinis dan klinis, dimana bahan baku dan produk jadinya telah distandarisasi. Produk fitofarmaka dapat disetarakan dengan obat moderen dan sudah dapat diresepkan oleh dokter.

Seorang dokter hanya boleh meresepkan obat herbal fitofarmaka, yang telah teruji klinis dan telah diujikan terhadap manusia. Namun tidak sembarang dokter boleh memberikan resep obat herbal. Dokter tersebut harus tersertifikasi organisasi profesi.

Hiu Pros  Sari Kutuk  Cakar Ayam  Pegagan  Hiu Asi  Kapsul Daun Ungu  Hiu Arum  Herba Tempuyung  Purwoceng  Spirulina  Keladitikus  Pasak Bumi  Gamat  Daun Salam  Daun Sirsak  Kulit Manggis  Rumput Mutiara  Cabe Jawa  Kumis Kucing  Mengkudu  Sambung Nyowo  Hiu Si Langsing  Herba Histaminic  Hiu Hepafit  Herbislim  Prosamura  Neuro Herba  Sarmut Semut ( Sarang Semut )  Diacarehiu  Koleshiu  Hiuneotensi  Hiucardiocare  Hiubantugin  Kapsul Spirulina  Syifa Kids Penawar Angin  Syifa Kids Propolis  Madu Honeymart Nektar Bunga Rambutan 900 gram  Madu Honeymart Nektar Bunga Rambutan 300 Gr  Madu Honeymart Nektar Bunga Kelengkeng 900 gram   Madu Honeymart Nektar Bunga Kelengkeng 450 gram  Madu Honeymart Nektar Bunga Klengkeng 300 gram  Madu Honeymart Nektar Bunga Mangga ( Netto 900 gram )  Madu Honeymart Nektar Multiflora ( Netto 900 gram )  Madu Honeymart Nektar Multiflora 450 gram  Madu Honeymart Nektar Multiflora 300 gram  Madu Honeymart Nektar Bunga Randu ( Netto 900 gram )  Honeymart Nektar Bunga Randu 450 gram  Honeymart Nektar Bunga Randu 300 gram  Madu Honeymart ( Nektar Bunga Kopi 450 gram)  Madu Honeymart ( Nektar Bunga Mangga 450 gram)  Madu Honeymart ( Nektar Bunga Kopi Netto 900 gram )  Madu Honeymart ( Nektar Bunga Rambutan 450 gram)  Kapsul Minyak Zaitun 100 Kapsul  Diabetes  Kutuk  Kolesterol  Gamat  Daun Sirsak Ekstrak  Cardiofit  Madu Murni 800gr  Madu Murni 400gr  Syifa Kids Diare  Syifa Kids Sembelit  Syifa Kids Alergi & Gatal  Syifa kids Mata Sehat  Madu Herbal Anak Syifa Kids  FITOGURA  SAMURATIK  
Copyright © 2017 . Sujarwo Herbals All rights reserved | Powered by Sketsa Website